Dinus Poetry Musicalization competition 2022 adalah salah satu lomba pembacaan puisi yang diselenggarakan  oleh Universitas Dian Nuswantoro pada setiap tahunnya dengan peserta SMA/SMK/MA se-Indonesia. Adapun peserta SMK yang mengikuti lomba tersebut adalah Amanda Riska Zaini dan Jessiva Leinita perwakilan dari SMK Negeri 6 semarang yang berhasil menjadi juara 3 lomba Dinus Poetry Musicalization competition 2022 dengan judul puisi “ Gelora Persatuan”.  Setelah melewati berbagai proses panjang seperti melakukan pendaftaran dengan mengumpulkan teks puisi, video pembacaan puisi, dan makna puisi serta harus melaksanakan 2 kali technical meeting akhirnya berbuah manis.

Teks Puisi dan video pembacaan puisi dengan judul “Gelora Persatuan” mampu menggetarkan juri dan makna puisi yang diambilpun sangat menarik untuk dibahas yaitu diskriminasi Ras, Suku, Agama, Bahasa, dan Budaya. Amanda dan Jessiva berpendapat bahwa Zaman semakin maju, begitupun alat teknologi setiap hari semakin menunjukkan eksistensinya. Namun apabila diperhatikan, perasaan ke Bhinneka Tunggal Ika yang ada di dalam jiwa penerus bangsa kian hari kian memudar, luntur, dan banyak orang yang melupakannya. Dari fenomena tersebut maka yang terjadi adalah diskriminasi Ras, Suku, Agama, Bahasa, dan Budaya terjadi dimana-mana. Banyak orang merasa dibedakan dan dikucilkan, salah satunya karena keturunan ras yang berbeda dan warna kulit maupun sifat yang berbeda.

Pencapaian ini sangat membanggakan karena semangat prestasi siswa masih terus bergelora dan tidak pernah luntur walaupun kita tahu pandemi Covid-19 masih ada di negeri ini, semoga ke depan siswa-siswi SMK Negeri 6 Semarang semakin semangat untuk berprestasi baik di dalam pendidikan maupun di luar seperti mengikuti lomba-lomba tertentu.