SMK Mbangun Desa  merupakan salah satu  program dari kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang memiliki tujuan menciptakan berbagai sinergi dan terobosan antara SMK dan pemerintah desa. Melalui alumni, diharapkan mampu mengeksplor dan mengefisienkan potensi yang ada. Salah satu contoh, alumni dari SMK Negeri 6 Semarang yaitu Fika Dwi Hananti yang saat ini berhasil mengelola bisnis bolen pisang sebagai oleh-oleh khas kota Semarang. Fika mampu mengelola bisnis ini ditengah kesibukannya menjadi mahasiswi di salah Perguruan Tinggi di daerah Jawa Barat atas beasiswa dari Sri Boga Raturaya. Fika menjalankan bisnis ini dengan mempekerjakan warga sekitar rumahnya sebagai tenaga kerja. Harapannya, Fika mampu meningkatkan kesejahteraan warga sekitarnya.

Contoh lain, siswa kelas XI jurusan Perhotelan bernama Kezia Titra Ifana juga tengah menjalankan bisnis ditengah kesibukannya menjadi seorang pelajar. Bisnis yang ia tekuni adalah krupuk tulang iga sapi yang diberi merk “SURI”.

Kedua contoh tersebut, diharapkan mampu memotivasi seluruh peserta didik utamanya di SMK Negeri 6 Semarang untuk memiliki keinginan berwirausaha.

Selain menitikberatkan dari alumni atau siswa, SMK Negeri 6 Semarang juga menggandeng warga melalui pemerintah kelurahan dari tiga kecamatan Kota Semarang, yaitu Semarang Timur, Semarang Tengah, dan Genuk. Dikuatkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kepala SMK Negeri 6 Semarang, Dra. Almiati, M.Si dengan Camat dari tiga wilayah tersebut. Karena, semakin banyak wirausaha tentunya akan semakin banyak lapangan pekerjaan yang dibuka.