SMK Negeri 6 Semarang merupakan salah satu dari sekian ratus SMK negeri dan swasta yang dikembangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi untuk menjadi Pusat Keunggulan (Center of Excellence) sektor pariwisata pada tahun 2020.
Pengembangan SMK yang menjadi Pusat Keunggulan (Center of Excellence) dilakukan secara holistik yang mencakup :
1. Keterlibatan IDUKA yang menyeluruh dalam pengembangan SMK
2. Guru berkapasitas dan bersertifikasi yang diakui IDUKA
3. Kepala SMK yang inovatif dan mampu mengembangkan SMK menjadi Pusat Keunggulan yang diakui IDUKA
4. SMK memiliki sarana dan prasrana yang berstandar IDUKA
5. SMK memiliki rekam jejak tingkat penyerapan lulusan di IDUKA
6. SMK menjadi rujukan (antara lain metode pembelajaran peserta didik, pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan, spesifikasi sarana dan prasarana, dll) bagi SMK lainnya
7. SMK menjadi pusat pengembangan kapasitas pedidik dan tenaga kependidikan bagi SMK lainnya.
Sebagai SMK CoE, SMK Negeri 6 Semarang mendapatkan bantuan yang digunakan sebagai fasilitasi sekolah, antara lain : melakukan penguatan pembelajaran, rehabilitasi dan renovasi ruang praktik siswa, serta pengadaan peralatan praktik siswa, yang semuanya itu dilaksanakan dan dikoordinasikan dengan IDUKA.
Saat ini semua kegiatan sudah selesai dilakukan, baik kegiatan non fisik, fisik, pengadaan peralatan, dan selanjutnya SMK Negeri 6 Semarang akan mengimplementasikan dan mengembangkan dari kegiatan tersebut untuk menuju sebagai SMK Center of Excellence (CoE) yang menghasilkan output, outcome, dan impact yang unggul pula.

#smkbisasmkhebat
#Vokasikuatmenguatkanindonesia
#smkcoe