SMK Negeri 6 Semarang merupakan salah satu sekolah yang terpilih sebagai penerima Bantuan Pemerintah Fasilitasi SMK yang Melakukan Pameran Hasil Karya Peserta Didik dan StartUp Bisnis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat SMK sebagai upaya untuk  mewujudkan SMK yang dapat menghasilkan tamatan berjiwa wirausaha yang siap kerja, cerdas, kompetitif, dan memiliki jati diri bangsa, serta mampu mengembangkan keunggulan lokal dan dapat bersaing di pasar global dan mengikuti perkembangan Revolusi Industri 4.0.

 

Sebagai Sekolah Pencetak Wirausaha, SMK Negeri 6 Semarang telah melaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya Workshop Produk Kreatif, Start Up Bisnis, Pengembangan Kurikulum Kewirausahaan dan Pameran Hasil Karya Peserta Didik dan Start Up Bisnis. Adapun narasumber dalam kegiatan Workshop tersebut adalah Arnaz Agung Andrarasmara, SE, MM. ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Kota Semarang dan owner Rumah Makan Simpang Raya Semarang, Natalia Sari Pujiastuti,S.Psi, M.Si. owner Trasty Handicraft, Bebek Rempah Khas Semarang, founder Komunitas Tangan Terampil, dan Dr. Edi Drajat Wiarto, M.Pd.

 

Dalam Pameran Hasil Karya Peserta Didik dan Start Up Bisnis tampil sepuluh wirausahawan muda SMK Negeri 6 Semarang beserta produknya. Rasendriya Jihan Widya (digital art), Cindy Ayu Rengganis (tahu walik, brownies), Almas Ishmatul Ulayya (masker kekinian), Aji Dwi Atmojo (long donut), Fika Dwi Hanani (pisang bolen), I Putu Dewa Pradana (Angkringan), Pipo Juve Andreyefna S (puding, susu kurma), Amalia Saputri Sutiyoso (bahan pokok), Nabila Putri Rania (baju fashion), dan Fitriana Dian Setyanto (pempek, tape ketan, wedang rempah).