Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan program wajib yang harus dilaksanakan oleh siswa SMK dan merupakan kegiatan link and match. PKL siswa dilaksanakan di industri yang sudah bekerja sama dengan dibuktikan dengan penandatanganan MoU antara SMK Negeri 6 Semarang dengan industri. PKL merupakan bentuk dari kegiatan belajar siswa di industri yang bertujuan untuk mengimplementasikan pelajaran di sekolah ke industri. Pelaksanaan PKL di SMK Negeri 6 Semarang mengambil waktu selama 6 (enam) bulan, yang pelaksanaannya dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan di kelas XI semester genap dan tahap kedua dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan di kelas XII semester gasal.

Pelaksanaan tahap pertama sudah berjalan lancar dan selesai sebelum Indonesia dinyatakan pandemi COVID 19. Untuk tahap kedua tetap dilaksanakan, akan tetapi harus diberlakukan aturan baru di era tatanan baru. Untuk saat ini tidak semua industri bisa menerima siswa PKL dari SMK Negeri 6 Semarang. Oleh sebab itu, tidak semua siswa bisa melaksanakan PKL tahap dua di industri. Bagi siswa yang tidak lolos rekrutmen di industri, mereka melaksanakan kegiatan pengganti PKL. Sesuai surat edaran dari Dirjen Vokasi, kegiatan PKL siswa diganti dengan kegiatan kewirausahaan. Jadi untuk siswa kelas XII yang tidak diterima sebagai siswa PKL di industri, mereka melaksanaan kewirausahaan di bawah bimbingan guru mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Pada tanggal 19 Agustus 2020, bersamaan dengan pameran produk unggulan siswa, dilaksanakan rekrutmen siswa PKL oleh IDUKA. Pelaksanaan rekrutmen untuk industri perhotelan bekerja sama dengan Indonesia Hotel General Manager (IHGM) DPD Jawa Tengah. IHGM yang memfasilitasi hotel-hotel yang bisa menerima siswa PKL dari SMK Negeri 6 Semarang. Proses rekrutmen dilaksanakan dalam waktu satu hari. Dan pelaksanaan PKL pada tanggal 19 Oktober 2020 sampai 17 Januari 2021.